Proposal Usaha ''Burger Jampe'' tugas kewirausahaan 2

shares |


 BAB I
Latar Belakang
1.1. Latar Belakang
     Fast food adalah makanan yang terdengar  sudah tidak asing lagi. begitu mendengar nama fast food tersirat sebuah pengertian yaitu makanan yang disajikan dengan cepat. Sebenarnya  fast food pengertiannya lebih dari makanan yang dibuat dengan cepat dan dapat dinikmati dalam waktu yang singkat. Jenis makanan yang termasuk fast food  adalah  pizza, burger, hotdog, french fries, fried chicken, dan nugget. Tidak hanya di Amerika dan negara-negara Barat , fast food juga sudah merambah ke negara-negara Asia termasuk Indonesia.
     Fast food dapat mempengaruhi asupan gizi seseorang. Sebuah penelitian di Amerika Serikat telah menunjukkan beberapa hal yang mengejutkan. Sebanyak 6212 anak dan y6tremaja yang berusia 4-19 tahun ikut serta dalam penelitian ini. Dari seluruh sampel terdapat 30% lebih yang mengonsumsi makanan fast food. Penelitian ini telah membuktikan bahwa orang yang sering mengonsumsi fast food akan lebih banyak mendapatkan energi, tetapi tidak dengan zat gizi lainnya. Selain itu, fast food mengandung jumlah lemak yang besar, sementara nilai gizi dan nutrisinya sedikit, sehingga tidak disarankan untuk sering mengkonsumsi fast food karena makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh.
Oleh karena itu, hal tersebut mendasari kami untuk menciptakan fast food sehat berupa burger yang menggunakan jamur merang dan tempe sebagai pengganti daging yang biasanya digunakan di dalam burger, dengan harga yang terjangkau namun tetap  memiliki kualitas mutu gizi yang baik.
           















BAB II
Company Profil
2.1    Deskripsi Umum Perusahaan
Nama Perusahaan    :    Krein Company
Tanggal Berdiri        :    01 Maret 2017
Alamat Perusahaan  :    Depok
Jenis Perusahaan      :    Home Industry
Jumlah Karyawan     :    7 Orang
Produk                      :    Burger
Email                        :    burgerjampe@gmail.com
Sosial Media             :    1. Blog          :    
2. Facebook  : Burger Jampe
3. Instgram   : @burgerjampe
4. Twitter      : @burgerjampe    
2.2  Riwayat Perusahaan 
Krein Company  merupakan perusahaan (home industry) yang memproduksi burger jampe (jamur tempe) dan dibentuk pada tanggal 01 Maret 2017 dan berpusat di Depok.
2.3  Nama Produk
Produk yang kami akan ajukan yakni makanan modern yang di inovasikan menjadi makanan yang tradisional yang berbahan dasar jamur merang dan tempe dikenal dengan nama BURGER JAMPE” nama ini diambil dari burger jamur tempe, dengan demikian masyarakat tertarik dengan nama burger jampe yang kami buat.
2.4  Misi dan Visi Perusahaan          
v  Misi
Mengembangkan makanan cita rasa tradisional yang berkualitas dalam rangka memenuhi selera dan kepuasan pelanggan.
v  Visi
1.      Menghasilkan produk yang sehat dan menarik.
2.      Menciptkan produk  yang dapat diterima dikalangan masyarakat dengan inovasi produk yang beraneka bentuk dan rasa.
3.      Menjaga kualitas gizi produk, memperhitungkan daya tahan produk, serta menjaga kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkan.




2.6. Struktur Organisasi

Job Descriptions
Owner
1.    Mengontrol, mengawasi, serta membantu segala aktivitas yang terjadi didalam kegiatan usaha
2.    Membuat rencana bisnis dan budget yang akan dikeluarkan
3.    Bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan
Financial Department
1.   Melakukan pencatatan semua transaksi keuangan kas masuk/kas keluar
2.   Mengontrol aktivitas keuangan atau transaksi keuangan perusahaan
3.   Membuat laporan mengenai aktivitas keuangan perusahaan
4.   Melakukan Evaluasi budget
Marketing Dapartment
1.    Melakukan perencanaan strategi pemasaran yang mencakup jenis produk yang akan dipasarkan, harga pendistribusian, dan promosi dengan memperhatikan trend pasar dan sumber daya yang tersedia
2.    Menciptakan dan memelihara kerja sama yang baik dengan konsumen.
3.    Membuat brosur.
Production Department
1.    Menciptakan produk yang berkualitas serta memiliki daya saing yang tinggi dengan kualitas yang terjamin serta produk yang kreatif, inovatif, dan hiegenist
2.    Memilih bahan-bahan baku yang baik dan berkualitas yang akan menjamin mutu suatu produk
3.    Menjaga cita rasa dari produk yang dibuat.
BAB III
STRATEGI PEMASARAN
3.1    Segmentasi pasar
3.1.1    Segmentasi Geografis
Burger jampe menujukan semua pasar yang ada didaerah Jabodetabek. Tidak hanya wilayah kampus tetapi kami juga memasarkannya kepada masyarakat luas khususnya daerah Depok.
3.1.2   Segmentasi Demografis
Burger jampe menargetkan orang-orang disemua kalangan dan jenis kelamin, serta produk burger jampe diproduksi untuk semua kalangan dan untuk dikonsumsi siapa saja.
3.1.3   Segmentasi Psikografis
Burger jampe ditujukan untuk semua kalangan masyarakat, dengan harga Rp 10.000,-/pcs. Masyarkat dengan gaya hidup praktis dan ingin selalu menjaga pola makan yang sehat, burger dengan kemasan yang praktis, sehingga cocok bagi orang yang aktif dan mobilitas yang tinggi.
3.2    Analisa SWOT
3.2.1   Strengths
a)   Nama burger jampe menjadi kekuatan usaha karena masyarakat penasaran sekaligus tertarik dan akhirnya memilih untuk membeli, rasanya yang enak dan unik menjadi keunggulan tersendiri untuk produk kami.
b)   Harga yang kami tawarkan terjangkau untuk kalangan masyarakat dan mahasiswa. Kami menawarkan produk kami dengan harga Rp10.000/pcs.
3.2.2   Weaknesses
a)      Produk baru ini belum tentu disukai masyarakat solusinya kami akan terus memasarkan produk kami dan kami akan sediakan tester untuk costumer.
b)      Jamur jenis merang yang sulit diapat, karena tidak banyak yang mejual.
3.2.3   Opportunity
Masyarakat suka makanan yang praktis,lezat dan menyehatkan, kami ambil peluang ini dengan memadukan antara fast food yang menjadi makanan favourite masyarakat dengan unsur gizi yang terdapat di kandungan jamur dan tempe.
3.2.4   Threat
a)   Muncul pesaingan baru yang akan mengurangi pangsa pasar burger jampe (jamur dan tempe)
b)   Mudah ditiru oleh pesaing
c)    Masyarakat mudah bosen

3.3    Bauran Pemasaran
3.3.1   Place
Lokasi yang dipilih adalah lokasi yang sangat strategis bagi kami, yaitu lokasi yang berdekatan dengan daerah kampus. Jadi kami menetapkan target konsumen utama kami adalah mahasiswa/i yang berjiwa muda yang selalu menginginkan  hal yang baru dan berbeda serta kami juga menargetkan menjual produk kami dengan membuka kedai di Jl. Margonda Raya, tepatnya di dekat kampus Politeknik LP3I, Depok.
3.3.2   Produk
1.    Product variety
Varietas dari produk yang akan kami pasarkan adalah berupa Burger berbahan dasar jamur tempe dalam kemasan mika tertutup yang praktis yang memudahkan pembeli untuk membawanya.
2.      Quality
Burger jamur tempe yang kami produksi menggunakan 100% jamur merang asli serta tempe yang mempunyai khasiat untuk kesehatan, selain itu pembuatannya juga menggunakan bahan alami tanpa bahan pengawet sehingga tidak berbahaya. Proses produksi burger jamur tempe dilakukan dengan menggunakan peralatan yang terjamin kebersihannya sehingga produk yang dihasilkan sangat terjaga kualitasnya.
3.    Brand name
Burger Jampe akan dipasarkan sebagaimana tujuan awal yaitu sebagai makanan siap saji dengan berbagai manfaat dari jamur dan tempe yang aman untuk dikonsumsi semua kalangan sehingga para calon pembeli yang mendengar nama Burger Jampe tertarik untuk mencobanya.
4.    Packaging
Untuk pengemasan, Burger Jampe  ini akan dikemas dalam mika yang berisi satu burger saja.
4.      Warranties
Garansi yang kami berikan untuk Burger Jampe ini adalah higienitas produk mulai dari proses produksi hingga pengemasan akhir produk dan menjamin daya tahan produk yang layak untuk dikonsumsi konsumen.
3.3.3   Promotion
1.    Advertising
Iklan kami berupa brosur, blog, dan media sosial yang dilakukan secara berkala.

2.    Sales promotion
Promosi awal dari Burger Jampe adalah menggunakan tester untuk dicoba oleh calon pembeli. Langkah ini adalah salah satu langkah awal pengenalan produk pada pembeli. Pelaksanaan promosi ini dilakukan dengan menjual produk pada mahasiswa/i LP3I Kampus Depok dengan door to door atau direct selling.

3.3.4   Price
Harga burger jampe yang kami tawarkan yaitu Rp 10.000,-. Harga yang terjangkau dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membelinya, sehingga siapapun dapat membeli produk kami.

3.4    Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :

PERALATAN
JUMLAH
HARGA
Wadah
1

Sendok
1

Tabung Gas 3 kg
1
Rp 20.000,-
Wajan Penggorengan dan Sodet
1

Kompor gas
1

Talenan
1

Pisau
1

Kukusan
1

Mika Plastik
1 plastik
Rp 6.000,-
Jumlah Total
Rp 26.000,-








Bahan Baku yang kami gunakan adalah :
Burger Jampe
Bahan
Jumlah
Harga
Roti burger
10
Rp 25.000,-
Jamur Merang
0,5 Kg
Rp 15.000,-
Tempe
1
Rp 3.500,-
Bawang Bombay
1
Rp 5.000,-
Bawang Merah dan Bawang Putih

Rp 5.000,-
Selada, Tomat, Timun

Rp 5.000,-
Bumbu Penyedap/Garam
1 bungkus
Rp 3.000,-
Minyak Goreng
500 ml
Rp 8.000,-
Telur
2 butir
Rp 3.000,-
Margarin
200 gram
Rp 8.000,-
Mayonise
200 gram
Rp 8.000
Saos Berbeque
1 botol kecil
Rp 9.000,-
Saos Cabai
1 botol kecil
Rp 9.000,-
Jumlah Total
Rp 106.500




BAB IV
LANGKAH PEMBUATAN DAN PENYAJIAN

4.2    Cara Pembuatan Produk Burger Jampe

1. Kukus tempe
7. Panggang hingga matang
2.  Tumis bawang merah, bawang putih

8. Sampai warnanya berubah kecoklatan

3. Masukan bumbu dan jamur
9. Siapkan bahan pelengkap burger
4. Haluskan tempe
10. Susun isian burger
5. Tambahkan tumisan jamur dan kuning telur



11. Buger siap dinikmati
6. Bentuk seperti daging burger



12. Burger jampe siap dalam kemasan

Related Posts

1 komentar