Proposal Usaha ''Burger Jampe'' tugas kewirausahaan 2
21.04 |
|
Latar Belakang
1.1. Latar Belakang
Fast food adalah
makanan yang terdengar sudah tidak asing
lagi. begitu mendengar nama fast food tersirat
sebuah pengertian yaitu makanan yang disajikan dengan cepat. Sebenarnya fast
food pengertiannya lebih dari makanan yang dibuat dengan cepat dan dapat
dinikmati dalam waktu yang singkat. Jenis makanan yang termasuk fast food adalah pizza, burger, hotdog, french fries, fried
chicken, dan nugget. Tidak hanya
di Amerika dan negara-negara Barat , fast
food juga sudah merambah ke negara-negara Asia termasuk Indonesia.
Fast food dapat mempengaruhi asupan gizi
seseorang. Sebuah penelitian di Amerika Serikat telah menunjukkan beberapa hal
yang mengejutkan. Sebanyak 6212 anak dan y6tremaja yang berusia 4-19 tahun ikut
serta dalam penelitian ini. Dari seluruh sampel terdapat 30% lebih yang
mengonsumsi makanan fast food. Penelitian
ini telah membuktikan bahwa orang yang sering mengonsumsi fast food akan lebih banyak mendapatkan energi, tetapi tidak dengan
zat gizi lainnya. Selain itu, fast food mengandung
jumlah lemak yang besar, sementara nilai gizi dan nutrisinya sedikit, sehingga
tidak disarankan untuk sering mengkonsumsi fast
food karena makanan tersebut tidak baik bagi kesehatan tubuh.
Oleh karena itu, hal tersebut mendasari
kami untuk menciptakan fast food sehat
berupa burger yang menggunakan jamur
merang dan tempe sebagai
pengganti daging yang biasanya digunakan di dalam burger, dengan harga yang
terjangkau namun tetap memiliki kualitas mutu gizi yang baik.
BAB II
Company Profil
2.1
Deskripsi
Umum Perusahaan
Nama Perusahaan : Krein Company
Tanggal Berdiri : 01 Maret 2017
Alamat Perusahaan : Depok
Jenis Perusahaan : Home Industry
Jumlah Karyawan : 7 Orang
Produk : Burger
Sosial Media : 1. Blog :
2. Facebook : Burger Jampe
3. Instgram : @burgerjampe
4. Twitter : @burgerjampe
2.2 Riwayat Perusahaan
Krein Company merupakan perusahaan (home industry) yang
memproduksi burger jampe (jamur tempe) dan dibentuk pada tanggal 01 Maret 2017 dan
berpusat di Depok.
2.3 Nama Produk
Produk yang kami akan ajukan yakni makanan modern yang di inovasikan
menjadi makanan yang tradisional yang berbahan dasar jamur merang dan tempe dikenal dengan nama “BURGER JAMPE” nama ini diambil dari burger jamur tempe, dengan demikian masyarakat
tertarik dengan nama burger jampe yang kami buat.
2.4
Misi dan Visi Perusahaan
v Misi
Mengembangkan
makanan cita rasa tradisional yang berkualitas dalam rangka memenuhi selera dan
kepuasan pelanggan.
v Visi
1. Menghasilkan
produk yang sehat dan menarik.
2. Menciptkan
produk yang dapat diterima dikalangan
masyarakat dengan inovasi produk yang beraneka bentuk dan rasa.
3. Menjaga kualitas gizi produk,
memperhitungkan daya tahan produk, serta menjaga kualitas dan kuantitas produk
yang dihasilkan.
2.6. Struktur
Organisasi
Job Descriptions
Owner
1. Mengontrol, mengawasi, serta membantu segala
aktivitas yang terjadi didalam kegiatan usaha
2. Membuat
rencana bisnis dan budget yang akan dikeluarkan
3. Bertanggung jawab atas segala tindakan yang dilakukan
Financial Department
1. Melakukan pencatatan semua transaksi keuangan kas masuk/kas keluar
2. Mengontrol aktivitas keuangan atau transaksi keuangan perusahaan
3. Membuat laporan mengenai aktivitas keuangan perusahaan
4. Melakukan Evaluasi budget
Marketing Dapartment
1. Melakukan perencanaan strategi pemasaran yang
mencakup jenis produk yang akan dipasarkan, harga pendistribusian, dan promosi dengan
memperhatikan trend pasar dan sumber daya yang tersedia
2. Menciptakan dan memelihara kerja sama yang baik
dengan konsumen.
3. Membuat brosur.
Production Department
1. Menciptakan produk yang berkualitas serta memiliki
daya saing yang tinggi dengan kualitas yang terjamin serta produk yang kreatif,
inovatif, dan hiegenist
2.
Memilih
bahan-bahan baku yang baik dan berkualitas yang akan menjamin mutu suatu produk
3.
Menjaga
cita rasa dari produk yang dibuat.
BAB III
STRATEGI PEMASARAN
3.1
Segmentasi
pasar
3.1.1 Segmentasi
Geografis
Burger jampe menujukan semua pasar yang ada didaerah
Jabodetabek. Tidak hanya wilayah kampus tetapi kami juga memasarkannya kepada
masyarakat luas khususnya daerah Depok.
3.1.2 Segmentasi
Demografis
Burger jampe menargetkan orang-orang disemua kalangan dan
jenis kelamin, serta produk burger jampe diproduksi untuk semua kalangan dan
untuk dikonsumsi siapa saja.
3.1.3 Segmentasi
Psikografis
Burger jampe ditujukan untuk semua kalangan masyarakat,
dengan harga Rp 10.000,-/pcs. Masyarkat dengan gaya hidup praktis dan ingin selalu
menjaga pola makan yang sehat, burger dengan kemasan yang
praktis, sehingga cocok
bagi orang yang aktif dan mobilitas yang tinggi.
3.2
Analisa
SWOT
3.2.1
Strengths
a) Nama
burger jampe menjadi kekuatan usaha karena masyarakat penasaran sekaligus
tertarik dan akhirnya memilih untuk membeli, rasanya yang enak dan unik menjadi
keunggulan tersendiri untuk produk kami.
b) Harga
yang kami tawarkan terjangkau untuk kalangan masyarakat dan mahasiswa. Kami
menawarkan
produk kami dengan harga Rp10.000/pcs.
3.2.2
Weaknesses
a) Produk
baru ini belum tentu disukai masyarakat solusinya kami akan terus memasarkan
produk kami dan kami akan sediakan tester untuk costumer.
b) Jamur
jenis merang yang sulit diapat, karena tidak banyak yang mejual.
3.2.3
Opportunity
Masyarakat
suka makanan yang praktis,lezat dan menyehatkan, kami ambil peluang ini dengan
memadukan antara fast food yang menjadi makanan favourite masyarakat dengan
unsur gizi yang terdapat di kandungan jamur dan tempe.
3.2.4
Threat
a) Muncul
pesaingan baru yang akan
mengurangi pangsa pasar burger jampe (jamur dan tempe)
b) Mudah
ditiru oleh pesaing
c) Masyarakat
mudah bosen
3.3
Bauran Pemasaran
3.3.1 Place
Lokasi yang dipilih adalah lokasi yang sangat strategis
bagi kami, yaitu lokasi yang berdekatan dengan daerah kampus. Jadi kami
menetapkan target konsumen utama kami adalah mahasiswa/i yang berjiwa muda yang
selalu menginginkan hal yang baru
dan berbeda serta kami juga menargetkan
menjual produk kami dengan membuka kedai di Jl. Margonda Raya, tepatnya di dekat
kampus Politeknik LP3I, Depok.
3.3.2 Produk
1. Product variety
Varietas dari produk yang akan kami pasarkan adalah berupa Burger berbahan
dasar jamur tempe dalam kemasan mika tertutup yang praktis yang
memudahkan pembeli untuk membawanya.
2.
Quality
Burger jamur tempe yang kami produksi menggunakan 100% jamur merang asli serta tempe yang mempunyai khasiat untuk kesehatan, selain
itu pembuatannya juga menggunakan bahan alami tanpa bahan pengawet sehingga
tidak berbahaya. Proses produksi burger jamur tempe dilakukan dengan
menggunakan peralatan yang terjamin kebersihannya sehingga produk yang
dihasilkan sangat terjaga kualitasnya.
3.
Brand name
Burger Jampe
akan dipasarkan sebagaimana tujuan awal yaitu
sebagai makanan siap saji dengan berbagai manfaat dari jamur dan tempe yang
aman untuk dikonsumsi semua kalangan sehingga para calon
pembeli yang mendengar nama Burger Jampe tertarik untuk mencobanya.
4.
Packaging
Untuk
pengemasan, Burger Jampe ini akan
dikemas dalam mika yang berisi satu burger saja.
4.
Warranties
Garansi yang
kami berikan untuk Burger Jampe ini
adalah higienitas produk mulai dari proses produksi hingga pengemasan akhir
produk dan menjamin daya tahan produk yang layak untuk dikonsumsi konsumen.
3.3.3 Promotion
1.
Advertising
Iklan kami
berupa brosur, blog, dan media sosial yang dilakukan secara berkala.
2.
Sales promotion
Promosi awal
dari Burger Jampe adalah menggunakan
tester untuk dicoba oleh calon pembeli. Langkah ini adalah salah satu langkah
awal pengenalan produk pada pembeli. Pelaksanaan promosi ini dilakukan dengan
menjual produk pada mahasiswa/i LP3I Kampus Depok dengan door to door atau
direct selling.
3.3.4 Price
Harga burger
jampe yang kami tawarkan yaitu Rp 10.000,-. Harga yang terjangkau dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk
membelinya, sehingga siapapun dapat membeli produk kami.
3.4
Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan usaha ini kami menggunakan fasilitas yang
diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Wadah
|
1
|
|
Sendok
|
1
|
|
Tabung Gas 3 kg
|
1
|
Rp 20.000,-
|
Wajan Penggorengan dan Sodet
|
1
|
|
Kompor gas
|
1
|
|
Talenan
|
1
|
|
Pisau
|
1
|
|
Kukusan
|
1
|
|
Mika Plastik
|
1 plastik
|
Rp 6.000,-
|
Jumlah Total
|
Rp 26.000,-
|
Bahan Baku yang kami gunakan adalah :
Burger Jampe
|
||
Bahan
|
Jumlah
|
Harga
|
Roti burger
|
10
|
Rp 25.000,-
|
Jamur Merang
|
0,5 Kg
|
Rp 15.000,-
|
Tempe
|
1
|
Rp 3.500,-
|
Bawang Bombay
|
1
|
Rp 5.000,-
|
Bawang Merah dan Bawang Putih
|
Rp 5.000,-
|
|
Selada, Tomat, Timun
|
Rp 5.000,-
|
|
Bumbu Penyedap/Garam
|
1 bungkus
|
Rp 3.000,-
|
Minyak Goreng
|
500 ml
|
Rp 8.000,-
|
Telur
|
2 butir
|
Rp 3.000,-
|
Margarin
|
200 gram
|
Rp 8.000,-
|
Mayonise
|
200 gram
|
Rp 8.000
|
Saos Berbeque
|
1 botol kecil
|
Rp 9.000,-
|
Saos Cabai
|
1 botol kecil
|
Rp 9.000,-
|
Jumlah Total
|
Rp 106.500
|
BAB IV
LANGKAH PEMBUATAN
DAN PENYAJIAN
4.2
Cara
Pembuatan Produk Burger Jampe
|
|
terimakasih telah berbagi ide bisnis yang menarik Kak, sangat bermanfaat...
BalasHapusAplikasi Kasir Restoran Android